Sedikitnya, satu dari sembilan anak-anak berusia 14 dan 15 tahun yang menggunakan perangkat telefon genggam mereka
empat jam sehari, nilainya berkurang rata-rata 14 persen pada semua
mata pelajaran. Khusus untuk pelajaran matematika, nilainya berkurang
rata-rata 18 persen.
Juga Anak SD
Hasil riset kementerian pendidikan Jepang menunjukkan hampir separuh
dari semua siswa SMP tingkat akhir yang disurvei, menghabiskan waktu
dengan ponsel mereka lebih dari satu jam sehari. Mereka memakainya untuk browsing situs, mengirim e-mail dan bermain game. Kurang dari seperempat dari siswa dalam kelompok usia yang sama tidak memiliki ponsel.
Penggunaan smartphone ini juga umum di kalangan anak usia 11
tahun. Separuh dari mereka yang duduk di kelas terakhir sekolah dasar
memiliki telepon genggam pintar. Lima belas persen dari mereka
menghabiskan waktu dengan ponsel pintar sekitar satu jam setiap hari.
Memicu kecemasan
Hasil survei kementerian pendidikan Jepang memicu kekhawatiran bahwa
anak-anak sekolah mengabaikan buku mereka karena lebih tertarik pada
daya tarik layar kecil di ponsel pintar yang mereka miliki.
Kazuo Takeuchi, yang mempelajari bagaimana cara anak-anak menggunakan
ponsel, mengatakan kepada Jiji Press, bahwa anak-anak dengan perangkat
komunikasi semacam itu cenderung kurang percaya diri dalam kemampuan
akademik mereka, dan mendesak orang tua untuk menetapkan batas
penggunaannya.
Sumber: DW
0 komentar:
Posting Komentar