Jumat, 29 April 2011

UPDATE DATA SISWA DI DAPODIK KEMDIKNAS


Salah satu pekerjaan yang mesti diselesaikan menjelang berakhirnya tahun pelajaran 2010/2011, disela-sela finalisasi persiapan Ujian Nasional yang akan berlangsung mulai 8 Mei, adalah pemeriksaan data siswa untuk persiapan tahun pelajaran 2011/2012. Di tengah kesadaran masyarakat akan pentingnya akta kelahiran yang cenderung meningkat, sepanjang tahun pelajaran terkadang mesti bersiaga terhadap perubahan data siswa.

Karena, pada saat mendaftarkan diri sebagai siswa baru, tidak sedikit orang tua yang hanya melampirkan surat kenal lahir, atau lebih populer disebut sebagai surat kelahiran. Kala foto kopi akte kelahiran yang dikeluarkan oleh Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Kandukcapil) telah disusulkan ke sekolah itulah seringkali terdapat perbedaan data siswa yang terkonsentrasi pada penulisan nama. Sekolah pun melakukan penyesuaian perubahan tersebut, termasuk melakukan perubahan data siswa yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan Nasional.

Kalaupun tidak ada perubahan data siswa karena hal di atas, misalnya, pemeriksaan data siswa secara rutin dilakukan sejak awal, pertengahan, dan menjelang berakhirnya tahun ajaran. Khusus data siswa kelas lima, pemeriksaan dilakukan lebih hati-hati mengingat data yang sama tahun ajaran berikutnya akan dipergunakan sebagai data calon peserta Ujian Nasional yang diawali dengan pencetakan Daftar Nominasi Sementara (DNS) dan diakhiri dengan pencetakan Daftar Nominasi Tetap (DNT) Calon Peserta Ujian Nasional.

Dengan kewenangan yang dimiliki oleh Operator Sekolah, perubahan data siswa dapat dilakukan langsung oleh sekolah melalui Web Operator Dapodik, termasuk mengusulkan NISN bagi siswa baru. Jangan lupa, daftarkan diri dulu sebagai Operator Dapodik agar dapat memanfaatkan fasilitas gratis melalui Web Operator Dapodik yang dikelola oleh Pusat Statistik Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional. Tentang NISN dan tata cara pendaftaran Operator Dapodik serta tips dan triknya, silahkan lihat tulisan kami sebelumnya DI SINI dan DI SINI.

Tulisan kali ini akan menyajikan tata cara update data siswa pada Web Operator Dapodik.

Langkah pertama
Masuklah ke Web Operator Dapodik di http://operator.jardiknas.org/ atau silahkan klik DI SINI. Isikan berturut-turut Username, Password, dan Kode Keamanan pada kotak yang tersedia, lalu klik LOGIN


Gambar 1

Gambar 2 memperlihatkan tampilan utama. Pada bagian kiri tengah menampilkan link Situs Dapodik Sekolah sedangkan di bawahnya menampilkan informasi perubahan data mutasi siswa yang meliputi jumlah siswa pindah datang dan keluar.


Gambar 2

Langkah Kedua
Pilih menu Siswa, Data Siswa dan Ubah Biodata & Tingkat Siswa.


Gambar 3


Gambar 4

Masukkan NISN siswa yang akan dirubah datanya lalu klik LANJUT

Langkah Ketiga
Lakukan perubahan yang diperlukan. Pada bagian inilah kita dapat merubah tingkat, baik menaikkan maupun menurunkan, karena sistim akan melakukan perubahan tingkat otomatis setiap awal tahun ajaran baru. Setiap siswa akan dianggap naik ke tingkat berikutnya sehingga apabila ada siswa yang tidak naik tingkat kita perlu menurunkannya atau mengembalikannya ke kelas semula. Klik LANJUT setelah selesai melakukan perubahan data.


Gambar 5

Secara otomatis, sistim akan menampilkan jendela konfirmasi. Bila ada bagian yang masih perlu dirubah, klik KEMBALI dan klik SIMPAN bila perubahan telah sesuai dengan keinginan.

Gambar 6

Sebagai dokumen yang mungkin suatu saat kita perlukan, sebaiknya kita mencetak tanda bukti perubahan siswa tersebut.

Gambar 7

Dengan menekan tombol CETAK TANDA BUKTI, data tersebut telah siap kita cetak pada jendela baru, sebagaimana diperlihatkan pada gambar 8. Bila tidak ingin mencetak dokumen tersebut, atau ingin melanjutkan perubahan data pada siswa lainnya, silahkan klik tombol KEMBALI. Proses yang sama akan terulang dengan tampilan seperti pada gambar 4

Gambar 8

Inilah tampilan data yang siap dicetak. Kode validasi data diperlukan apabila kita hendak mengkonfirmasi data jika perubahan yang kita lakukan ternyata belum terlihat pada tampilan data di Situs Dapodik Sekolah atau pada file download (silahkan lihat penjelasan selanjutnya).

Langkah Keempat
Kita anggap saja semua perubahan yang diperlukan telah selesai. Selanjutnya, kita perlu mengunduh alias men-download data siswa tersebut. Selain sebagai dokumen yang bisa kita pergunakan sewaktu-waktu bila diperlukan, kita juga perlu mengecek data baru yang telah kita masukkan. Pilih menu Siswa lalu klik menu Unduh Laporan

Gambar 9

Pilih Daftar Siswa per sekolah (format UPLOADER)

Gambar 10

Klik tombol UNDUH LAPORAN

Gambar 11

Data siswa siap diunduh. Klik OK untuk memulai mengunduh

Gambar 12

Langkah Kelima
Buka file yang baru saja diunduh. File tersebut masih merupakan data keseluruhan siswa yang tingkat kelasnya belum berurutan. Periksa data yang tadi dimasukkan.

Gambar 13

Untuk mengelompokkan data per tingkat, silahkan edit data tadi. Atau, silahkan unduh dari Situs Dapodik Sekolah yang dapat diakses dari halaman utama (lihat gambar 2).

Selamat meng-update data siswa sembari menyelesaikan persiapan Ujian Nasional. Semoga kejujuran tetap menjadi "mata uang yang berlaku di mana-mana".


Dzakiron
Operator Dapodik SD Negeri Tanggeran

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner