Kamis, 28 April 2011

You'll Never "Ngeblog" Alone

You'll Never Walk Alone. Mulai dari John Toshack, Kevin Keegan, King Kenny Dalglish hingga Luis Suarez merasakan semangat yang luar biasa begitu lagu itu bergemuruh dikumandangkan Liverpudlians (julukan pendukung Liverpool). Semboyan itu juga dipasang megah di lorong Anfield Stadium untuk memberikan energi positif kepada punggawa tim saat menuju lapangan pertandingan. Saking legendarisnya, bahkan lagu itu diakui oleh banyak klub dan hingga kini menjadi 'jurus jitu' yang setiap saat dinyanyikan supporter di berbagai belahan dunia.

Jum'at pagi ini, ketika blogwalking ke tempat sobat Alvarie Ananda di http://www.slashload.net saya menemukan semangat itu. "You'll Never Ngeblog Alone!". Ya, kita tidak ngeblog sendirian. Semangat ngeblog itu seakan tumbuh kembali. Mengingatkan masa pertama kali ngeblog dengan pencarian backlink yang luar biasa. Blogwalking tanpa kenal lelah dan online melampaui batas.

Hari ini kita bisa melupakan peringkat, hari ini kita bisa melupakan traffic, dan hari ini kita bisa melupakan obsesi penghasilan online yang mungkin belum juga tercapai. Kita Ngeblog tidak sendiri. Kita menemukan banyak teman di sini. Kita temukan blogger senior yang dengan tangan terbuka menerima dan mengajari kita. Kita temukan sesama pendatang yang rela mengesampingkan ego dan tumbuh bersama.

Ketika Anda ditanya, sudah sukseskah Anda blogging? Dengan ukuran apa Anda akan menentukan kesuksesan Anda sendiri? Apakah dengan seberapa besar traffic yang Anda dapat? Atau dengan seberapa banyak uang yang masuk ke rekening Anda dari kegiatan Anda blogging? Ya, harus diakui memang sebagian orang menggunakan itu sebagai patokan. Tapi mari kita bergabung dengan sebagian orang yang tetap memegang sebuah kata-kata "Blogging adalah hobi, Sharing is Caring".

Kita bisa merasakan kepuasaan yang luar biasa ketika kita berhasil memberikan 'satu' manfaat kepada orang lain dan bukannya mendapatkan manfaat dari orang lain. Dan, kita layak bersyukur sebagai blogger kita bisa memberikan 'satu' atau 'dua' manfaat kita setiap hari. Lewat tulisan kita. Kita meberikan informasi yang kita tahu.

Mulai dari tips ringan tips tidak bangun kesiangan, cara membuat nasi goreng hingga artikel dengan script menumpuk, semuanya bisa bermanfaat. Anda boleh bercita-cita namun tetap jaga kontrol. Ketika Anda terobsesi menghasilkan uang dari blogging, justru Anda akhirnya bisa halalkan segala cara. Betapa sedihnya saya ketika sekarang ini banyak sekali blogger yang memasang banner iklan animasi pasangan: Dapatkan Bellamu! atau iklan judi. Secara tidak sadar mereka menodai 'manfaat' dari artikel mereka sendiri dengan iklan yang tidak bermanfaat.

Ketika Anda telah terobsesi dengan segala batas kesuksesan yang umum itu, akhirnya Anda hanya ngeblog untuk diri Anda sendiri. Mencari traffic untuk Anda dan mencari uang untuk Anda. Padahal, You'll Never Ngeblog Alone. Anda tidak sendirian. Ada pembaca yang menanti manfaat dari tulisan-tulisan Anda. Ada blogger lain yang siap support meski blog Anda ramai atau sepi sama sekali. Ada blogger lain yang senasib meski Anda mendapat jutaan dollar dari blog atau bahkan 'nol'.

You'll Never Ngeblog Alone. Blogging adalah Hobi. Sharing is Caring. Kita bisa bermanfaat dengan tulisan kita lewat blog kita. Kita bisa menjadi bagian positif dari dunia maya yang semakin amburadul. Mari kita jadi bagian kecil itu, yang menyadari bahwa kita 'ngeblog' tidak sendirian. Ada banyak orang yang datang ke blog kita. Mari menjadi blogger yang bermanfaat... meski hanya 'satu' 'dua' tulisan setiap hari... Tapi kita benar-benar memberikan artikel kita untuk kemanfaatan, bukan terobsesi hal lain atau bahkan mengambil artikel orang...

Jika punggawa Liverpool mendapatkan energi positif dari nyanyian itu, seharusnya You'll Never Ngeblog Alone bisa menjadi pemacu juga buat kita untuk tetap memberikan energi positif di dunia maya.... Salam blogging...

Sumber: Mas Doyok

Terima kasih, Mas Doyok, atas inspirasi dan motivasinya.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner