Minggu, 04 Maret 2012

MATERI RAKOR PENDIDIKAN UNTUK SEMUA/PUS

Pendidikan Untuk Semua : CIVIL SOCIETY OGANIZATIONS initiative EDUCATION for ALL (CSOiEFA), menurut situs Pendidikan Untuk Semua, adalah konsorsium organisasi yang peduli akan pentingnya pendidikan untuk semua, terutama untuk perempuan dan anak-anak perempuan.



Lebih lanjut diuraikan dalam situs tersebut bahwa dengan berbagai persoalan di dunia pendidikan, terutama mengenai aksesbilitasnya yang hari-hari ini kita dihadapkan dengan berita-berita bagaimana anak-anak usia sekolah di negeri ini tak mampu mendapatkan hak dasar ini, untuk itu kami, dengan basis organisasi yang bergerak di berbagai bidang dengan kaitan satu sama lain mengenai pendidikan, berkomitmen berusaha mewujudkan enam hal yang disepakati pada konferensi di Jomtien, Thailand, 5-9 Maret 1990, yang dihadiri 115 negara dan 150 organisasi, yakni;
  1. Memperluas dan meningkatkan perawatan anak usia dini yang komprehensif dan pendidikan, terutama bagi yang paling rentan dan anak-anak yang kurang beruntung.
  2. Memastikan bahwa pada 2015 semua anak, khususnya anak perempuan, yang dalam keadaan sulit, dan mereka yang termasuk etnik minoritas, memiliki akses lengkap dan bebas ke wajib pendidikan dasar yang berkualitas baik.
  3. Memastikan bahwa kebutuhan belajar semua pemuda dan dewasa dipenuhi melalui akses yang adil untuk pembelajaran yang tepat dan program ketrampilan hidup.
  4. Mencapai 50% peningkatan dalam keaksaraan orang dewasa pada tahun 2015, khususnya bagi perempuan, dan akses ke pendidikan dasar dan pendidikan berkelanjutan bagi semua orang dewasa secara adil.
  5. Menghilangkan perbedaan gender pada pendidikan dasar dan menengah pada tahun 2005, dan mencapai kesetaraan gender dalam pendidikan dengan tahun 2015, dengan fokus pada perempuan bahwa mereka dipastikan mendapat akses penuh dan sama ke dalam pendidikan dasar dengan kualitas yang baik.
  6. Meningkatkan semua aspek kualitas pendidikan dan menjamin keunggulan semua sehingga diakui dan diukur hasil pembelajaran yang dicapai oleh semua, khususnya dalam keaksaraan, berhitung dan kecakapan hidup yang esensial.

Lebih lanjut tentang profil organisasi ini dapat dibaca DI SINI.

EFA Global Report dapat diunduh DI SINI (pdf) dan DI SINI (doc) sedangkan Proposal Penelitian CSOiEFA tentang Ujian Nasional (UN) bisa diunduh DI SINI.

Untuk mmeberikan dukungan pada Pendidikan untuk Semua, silahkan klik DI SINI sedangkan untuk bergabung dengan jejaring sosialnya, silahkan klik DI SINI untuk facebook dan DI SINI untuk Twitter.

Forum PUS Jawa Tengah

Forum Pendidikan untuk Semua (PUS) Jawa Tengah dibentuk berdasarkan SK MENKO KESRA No. 15/KEP/MENKO/KESRA/VI/2002, SK MENKO KESRA No. B.137/Menko/Kesra/VII/2009 dan SK Gubernur Jawa Tengah No. 420/4645/2009 dimana ketua dijabat oleh Kepala BAPPEDA Jawa Tengah sedangkan anggotanya adalah Dinas/Instansi Pemerintah serta LSM.

Materi Rakor PUS Jawa Tengah terdiri dari dua bagian, yaitu Format PUS dalam format excel dan kumpulan file presentasi dalam format zip yang terdiri dari tujuh file. Silahkan unduh DI SINI dan DI SINI.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner