Minggu, 31 Juli 2011

VIDEO PEMBELAJARAN RAMADHAN

Modus Pengalaman Belajar, menurut Sheal, Peter (1989) How to Develop and Present Staff Training Courses. London: Kogan Page Ltd., sebagaimana dikutip Tuwuh Rustantoro dan dipublikasikan oleh Direktorat Dikmenum Depdiknas 2004 dalam Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran, adalah sebagai berikut:

Kita belajar
10% dari apa yang kita baca,
20 % dari apa yang kita dengar,
30% dari apa yang kita lihat,
50% dari apa yang kita lihat dan dengar,
70% dari apa yang kita katakan, dan
90% dari apa yang kita katakan dan lakukan

Dari modus tersebut, pencapaian 50% dapat dicapai dengan “lihat dan dengar” dimana salah satunya dapat diupayakan dengan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Menurut Sukayati, dalam Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (2003: 1), Media Pembelajaran diartikan sebagai semua benda yang menjadi perantara dalam terjadinya pembelajaran dimana berdasar fungsinya dapat berbentuk alat peraga dan sarana.

Sedangkan menurut Ardiani Mustikasari dalam Mengenal Media Pembelajaran (2008), Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa).

Pembelajaran Ramadhan, bertepatan dengan puasa Ramdhan yang insya Allah akan kita jelang besok (1/8), memungkinkan berlangsung dengan aktif dan menyenangkan khususnya pada kelas rendah sekolah dasar (SD) dengan penggunaan media pembelajaran. Meski sesuai Standar Isi materi puasa Ramadhan baru akan diajarkan pada kelas V semester 2 SD, materi Puasa Ramadhan bisa disampaikan pada tiap kelas sebagai pengantar memasuki Ramadhan maupun pada pesantren kilat (sanlat).

Kala kondisi psikologis telah tercipta sedemikian rupa oleh nuansa Ramadhan yang langsung dialami siswa di rumah dan hampir semua stasiun televisi memanjakan pemirsanya dengan suguhan beraroma, berbaju, dan bernafaskan Ramadhan, teorinya, siswa akan lebih siap menerima materi Puasa Ramadhan.

Tiga video pembelajaran Puasa Ramadhan berikut semoga dapat bermanfaat (dan dimanfaatkan) oleh, bagi, dan untuk siswa. Selamat menyongsong Ramadhan Mulia…!!!

ADAB PUASA


NIAT PUASA


BUKA PUASA



Dzakiron
Guru PAI SD Negeri Tanggeran

Artikel Terkait



1 komentar:

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner