Kamis, 08 Maret 2012

FORMAT NILAI UJIAN SEKOLAH DAN UJIAN NASIONAL 2012

Secara umum, Format Nilai Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun 2012 ini sama dengan format tahun sebelumnya (publikasinya dapat dilihat DI SINI). Hanya saja, ada beberapa perbaikan dan sedikit penambahan. Selain hasil evaluasi penggunaan format tersebut pada US dan UN Tahun Pelajaran 2010/2011, beberapa masukan dari pembaca melalui buku tamu maupun sms juga kami akomodasi dalam format edisi revisi ini. Tentu, dengan keterbatasan kemampuan di wilayah excel, format ini masih jauh dari memadai, apalagi sempurna. Tetapi, selain tentu saja masih mengharapkan kritik dan saran, kami selalu berharap semoga format sederhana ini dapat membantu rekan-rekan guru SD dalam mengolah data nilai Ujian. Lebih-lebih SD yang belum memiliki tenaga kependidikan profesional di bidang administrasi seperti sekolah kami.


Isi file
File format nilai ini terdiri dari 15 sheet atau lembar kerja yaitu Daftar Isi, Cover, Daftar Nama Peserta, Nilai Raport Semester 7-11, Daftar Nilai US Tulis, Daftar Nilai US Praktik, Rata-rata Nilai US Tulis dan Praktik, Nilai Sekolah (NS), Daftar Nilai UN, Nilai Akhir (NA), dan Daftar Nilai Individu. Dengan memmbuka lembar Daftar Isi, seluruh sheet dapat diakses dari sheet ini dengan mengklik tulisan DI SINI pada kolom Klik untuk Membuka. Meng-klik tombol Kembali ke Daftar Isi pada semua sheet akan menuju ke sheet Daftar Isi sebagai sheet induk.



Cara Penggunaan
Hal pertama yang mesti diingat dalam menggunakan format ini adalah mengawalinya dari sheet Nilai Raport Semester 7. Daftar Nama dan Nomor Peserta yang diisikan pada sheet ini akan terisikan secara otomatis pada sheet-sheet lainnya. Artinya, kekeliruan meng-input data pada sheet ini akan mengakibatkan kekeliruan pada sheet lainnya.


Hal yang sama juga berlaku pada isi nilai raport semester 7-11. Kolom pada daftar nilai lainnya yang mengandung nilai raport akan terisi secara otomatis sementara jumlah nilai, rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan standar deviasi juga akan terisi otomatis.

Jumlah siswa sengaja masih kami pertahankan seperti tahun 2011 yaitu 40 anak agar mudah disesuaikan. Silahkan lakukan editing sesuai dengan data siswa pada sekolah.

Daftar Nilai Individu berisi Nilai Rata-rata Raport, Nilai Ujian Sekolah, dan Nilai Sekolah (US) yang terisi otomatis dari sheet-sheet sebelumnya.


Silahkan download format tersebut DI SINI atau pada pilihan menu Administrasi Ujian Nasional di sisi kanan blog.

(Klik pada link tersebut akan membuka halaman adf. Selanjutnya, klik tulisan SKIP AD di sudut kanan atas untuk langsung men-download).

Bila menemukan sel atau rumus yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kami akan sangat berterima kasih apabila Anda berkenan memberitahu kami melalui kolom komentar di bawah. Juga bila ada koreksi atau masukan tentang format ini. Komentar akan langsung terlihat karena tidak melewati prosedur editing alias moderasi. Kami tunggu saran dan kritiknya.

Semoga bermanfaat


Pemimpin Redaksi

Artikel Terkait



6 komentar:

  1. Ingat waktu dulu juga buat Form Yang Serupa. Trial dan Eror akhirnya bisa juga menyelesaikan Pembuatan Form Nilai Ujian Nasional. Nah Masalah yang Sekarang Form Nilai yang di PDKjateng tidak bisa di Export ke Bentul Excel, dan hanya bisa di Export dalam Bentuk PDF.

    Selamat Berkarya Pak Guru :D

    BalasHapus
  2. tulisan ngetutke terus... ngributi banged...
    buang bae bro...

    BalasHapus
  3. Maaf bu ya..., saya baru mulai belajar tentang ITC ,jadi kontak ini agak-agak lucu dan inilah kenyataan yang ada ,setelah masuknya jaringan PLN dan memasuki blog ini , saya berharap mendapat suplai ilmu yang saya butuhkan. terimakasih

    BalasHapus
  4. Salam hangat Pak Sugiyarto. Mari manfaatkan teknologi untuk menunjang profesionalisme kita. Kami juga masih perlu banyak belajar tentang ITC. Untuk mendapatkan informasi terbaru dari blog ini, Pak Sugi bisa berlangganan artikel dengan mengisi kolom berlangganan di bagian bawah tulisan ini. Setiap artikel baru akan langsung masuk ke email Bapak, Gratis. Terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  5. mohon penjelasan, saya cb download tp link sudah tidak ada?
    msh bisa di download kah?
    di kota saya, sdh 3 kali saya menyetor nilai dng format berganti-ganti, mungkin format ini cocok buat saya & rekan2
    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak Mulya atas atensinya. Selain link download pada artikel tersebut, kami juga menyediakan link pada menu Administrasi Ujian Nasional di sisi kanan (sidebar) blog. Kami baru saja memeriksa link sekaligus mengujinya, dan link download yang di sidebar dapat terbuka dan bisa didownload dengan normal. Selamat mendownload. Salam hangat untuk rekan-rekan di SDIT Raudhatul Jannah Cilegon. (NB: Kami berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara dimana Pak Mulya pernah pernah bekerja di sana, kalau yang dimaksud adalah Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah)

      Hapus

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner