Sabtu, 06 Agustus 2011

BECOMING A GURU, NOT ONLY A TEACHER


  • Jika Anda menjadi guru sejak berusia 20 tahun, pensiun pada usia 60 tahun, berarti sebagian besar usia produktif Anda habis di sekolah.
  • Jika Anda bersiap ke sekolah sejak jam 06.00 dan tiba di rumah jam 16.00, berarti sebagian besar waktu produktif dan segar Anda di sekolah.
  • Jika Anda mulai dihisab sejak usia 12 tahun dan meninggal pada usia 70 tahun, berarti usia amal Anda di luar sekolah hanya 18 tahun. Artinya, 31% usia produktif amal Anda berada di luar sekolah. Sedangkan 69% berada di sekolah.


Tiga paragraf di bawah sub judul Sejak Kapan Anda Menjadi Guru tersebut langsung terbaca pada lembar awal renungan BECOMING A GURU, NOT ONLY A TEACHER. Barang berharga tersebut saya peroleh dari Diklat Peningkatan Kualitas Guru PAI SD Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah dan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010 angkatan XXII di Bandungan, Semarang, 3 – 10 November 2010 silam. (Tulisan selengkapnya tentang diklat tersebut dapat dibaca DI SINI)

Pada sesi materi Pendidikan Karakter, seorang widyaiswara menampilkan presentasi tersebut. Tak mau kehilangan momen berharga, setelah sesi selesai, saya bergegas berburu file tersebut dan alhamdulillah beliau berkenan berbagi satu folder penuh beserta beberapa koleksi beliau.

Sengaja saya suguhkan renungan tersebut pada Ramadhan Mulia ini. Yang utama, jelas merupakan sebuah pengingat bagi saya sendiri. Selebihnya, bila juga menjadi hal yang sama bagi rekan-rekan guru, semoga benar-benar dapat menjadi sebuah renungan berharga bagi kita, yang telah menetapkan hati dan pilihan hidup pada profesi ini. Semoga Allah yang Maha Pandai senantiasa memberi kita kemudahan dan jalan yang terang dalam mendedikasikan usia dan waktu kita di jalan ini. Amin.

Becoming a Guru, Not Only a Teacher 2


Pemimpin Redaksi

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner