Selasa, 14 Februari 2012

APLIKASI PENDATAAN DASAR BERBASIS WEB

Sebagaimana dinyatakan dalam Prosedur Operasi Standar (POS) Manajemen Pendataan Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemendiknas Tahun 2011, dalam Perencanaan Pendidikan Nasional sangat diperlukan Data Pokok Pendidikan yang terintegrasi pada skala Nasional, dan merupakan sumber utama data Pendidikan Nasional yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Perencanaan pendidikan nasional yang tidak di dukung oleh data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date, akan menjadi suatu pemborosan sehingga seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan.

Oleh karena itu, untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, dan pelaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran dibutuhkan data yang lengkap dan akurat. Dengan ketersediaan data tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.

Di bagian akhir bagian Latar Belakang POS tersebut, tercantum: “Pada tahun 2011, sebagai bagian dari Program Reformasi Birokrasi Instansi di lingkungan Kemdiknas, Ditjen Pendidikan Dasar merencanakan pembangunan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar dengan berbagai konsep terobosan untuk dapat menghasilkan suatu Basis Data Pendidikan yang memiliki sifat-sifat berikut : Lengkap, Akurat, Mutakhir, Terperinci, dan Terpadu.”

Mengingat pentingnya peran pihak-pihak terkait, khususnya operator sekolah, dalam mendukung suksesnya pendataan tersebut, berikut kami sajikan file-file pendataan yang dapat diunduh, yang dikelompokkan menjadi empat kelompok, yaitu Paparan dan SOP, Manual, Aplikasi Pendataan, dan Formulir Pendataan.

(Untuk mengunduh, silahkan klik pada dokumen yang tersedia, yang akan membuka halaman adf. Selanjutnya, klik tulisan SKIP AD di sudut kanan atas untuk langsung mengunduh).

Paparan dan SOP
SOP Pendataan
Pedoman Formulir - F-SEK
Pedoman Formulir - F-PTK
Pedoman Formulir - F-PD
Formulir Isian Pendataan Final
Arsitektur Sistem Pendataan
Integrasi Melalui Unifikasi Data Pokok Pendidikan
Presentasi SOP

Manual
Manual Desktop
Manual Server
Manual Smartphone

Aplikasi Pendataan
Adobe Air Installer
Aplikasi_Pendataan.air
Sampel Kode List Registrasi Offline
Sampel Kode List Registrasi Online
Sampel Kode List Registrasi KK Datadik Kab/Kota

Formulir Pendataan
Formulir Pendataan Dikdas

Oh ya, beberapa file tersebut terdiri dari dokumen Office 2007 (berekstensi xlsx dan docx). Berbeda dengan pengguna Office 2007 dan Free Open Source Software (FOSS) yang tidak akan menemui kendala berarti, bagi Anda pengguna Office 2003 biasanya akan mengalami kesulitan dalam membaca dokumen tersebut. Untuk mengatasinya, salah satunya, Anda dapat menggunakan software konverter. Silahkan unduh DI SINI.

Dokumen lainnya berformat pdf yang memerlukan pdf reader untuk membukanya. Bila membutuhkan, silahkan unduh Adobe Reader langsung dari situsnya DI SINI.

Selamat bersibuk-ria dalam pendataan!




Pemimpin Redaksi

Artikel Terkait



2 komentar:

  1. Lama nggak OL, Ternyata Blog-nya smakin canggih couiiii.... Eh, ada aplikasi pendataan baru ya pak? Minta aplikasinya dong Pak.Buat dipelajari, kalo2 nanti nyampe di sukoharjo. kirim via email rheygen@gmail.com ya Pak. Ditunggu gitu lho he he

    BalasHapus
  2. Lama memang tidak terlihat penampakannya, Pak. Untuk aplikasi tersebut, silahkan diunduh dari link di atas. Setahu saya, aplikasi sudah agak lama dipublikasikan oleh Kemdikbud. Kami hanya membantu menyebarluaskan. Terima kasih sudah berkunjung. Salam sukses!

    BalasHapus

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner