Sabtu, 18 Juni 2011

Tiga Kabupaten Juara Umum Guru Berprestasi

SEMARANG - Tiga kabupaten/kota berhasil meraih penghargaan sebagai juara umum pemilihan guru berprestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah 2011, Jumat (17/6). Ketiga daerah tersebut antara lain Kabupaten Kendal, Kabupaten Rembang, dan Kota Surakarta.

Penganugerahan penghargaan itu juga meliputi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru pendidikan luar biasa (PLB) berprestasi. Pelaksanaan lomba telah dilaksanakan mulai 13-17 Juni 2011 di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah Srondol Semarang. Sebanyak 357 orang yang terdiri atas 186 guru, 131 kepala sekolah, 40 pengawas sekolah, dan 23 guru PLB dari 35 kabupaten/kota diuji oleh juri yang berasal dari unsur akademisi perguruan tinggi, Widya Iswara LPMP Jateng, praktisi pendidikan, pejabat struktural dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota.


Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Kunto Nugroho mengatakan, para guru yang maju mengikuti pemilihan di tingkat provinsi ini, telah lolos dari kompetisi jenjang sebelumnya. Mulai dari sekolah, kecamatan hingga kabupaten/kota. Untuk tahap selanjutnya, bagi yang juara I di tiap unsur akan mewakili Jateng mengikuti pemilihan di tingkat nasional pada Agustus 2011 mendatang. ‘’Pembekalan bagi peraih juara I ini mulai dilaksanakan kemarin (17/6) hingga minggu ketiga di bulan Juli,’’ ungkapnya.

Ditumbuhkembangkan

Pemenang juara I Guru Berprestasi, yakni Yustin Mariyana (TK Pembina Pamotan Kab Rembang), Nanik Sri Hartati (SD Tanggeran Paninggaran Kab Pekalongan), Eliya Shofia (SMP 1 Lasem Kab Rembang), Rahayuningtyas (SMA 4 Semarang), Arif Ediyanto (SMK 1 Kendal). Pemenang Juara I Guru Pendidikan Luar Biasa (PLB) yaitu, Karsono (SDLB D YPAC Surakarta).

Kemudian, pemenang juara I Kepala Sekolah Berprestasi antara lain Suyadi (TK Pembina Kab Semarang), Trimo (SD Megalung Kab Kendal), Sariyono (SMP 3 Kab Pati), Nikmah Nurbaity (SMA 5 Purworejo). Sementara, juara I Pengawas Sekolah Berprestasi yaitu, Mufarichah (tingkat SD, UPTD Dikpora Pasar Kliwon Surakarta), Rohmad Sucipto (tingkat SMP, Dinas Pendidikan Kab Sukoharjo), dan Yoyo Dwijatmiko (tingkat SMA, Dinas Pendidikan Kab Banyumas).

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya turut bangga dengan prestasi yang diraih tersebut. ‘’Tolong prestasi ini dipertahankan dan ditumbuhkembangkan. Sebab, guru adalah yang mendesain output dari anak-anak kita. Dan, jangan lupa tanamkan nilai nasionalisme kepada mereka,’’ ungkapnya. (K3-75)


Sumber: Suara Merdeka

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner