Kamis, 03 Maret 2011

FORMAT PENGISIAN NILAI AKHIR UJIAN NASIONAL DAN UJIAN SEKOLAH

Format pengisian nilai akhir Ujian Nasional dan Ujian Sekolah telah kami tambahkan pada menu download Administrasi Ujian Nasional. Sebagaimana Format Nilai Ujian Praktik, format ini kami lengkapi dengan sistim pengisian otomatis pada beberapa bagiannya

Format ini terdiri dari 7 sheet: Nilai raport Semester 7 sampai semester 11, Nilai UN, dan Nilai US. Masing-masing semester terdiri dari nilai PAI, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, Penjaskes, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, dan BTQ. Nilai UN terdiri dari tiga mapel: Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA sedangkan Nilai US berisi mapel yang tidak di-UN-kan.


NILAI RAPORT
Pengisian Nilai Raport pada semester 7 merupakan pekerjaan awal pada format ini. Silahkan sesuaikan atau modifikasi sesuai kebutuhan, termasuk jumlah siswa karena jumlahnya 40 anak sebagaimana jumlah siswa kelas VI di SD Negeri Tanggeran. Jangan khawatir terlalu capai mengisikan nomor peserta dan nama pada semester 8 sampai 11 karena secara otomatis nomor dan nama peserta telah terisi pada saat format semester 7 dikerjakan. Begitu juga kolom nomor dan nama peserta pada sheet UN dan US. Sebagai contoh, peserta nomor 001 kami isikan sebuah sempel nama, Pak Dzakiron, Pemimpin Redaksi Blog ini yang juga Sekretaris Panitia UN SD Negeri Tanggeran.

Pada semua sheet, jumlah dan rata-rata nilai juga telah berisi rumus sehingga secara otomatis akan terisi setelah angka-angka dimasukkan pada kolom yang tersedia.




NILAI UN
Sheet Format Nilai UN berisi tiga mapel yang di-UN-kan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Setelah pengisian format nilai raport selesai untuk semua semester, berarti kita juga telah mengisikan angka yang sama pada format ini. Selanjutnya, hanya tinggal mengisikan nilai US dan UN saja maka secara otomatis nilai akhir akan diperoleh tanpa mesti repot-repot menghitung manual atau bahkan memasukkan rumusnya. Nilai US silahkan copy-kan dari format nilai US.

Mohon maaf, beberapa saat sebelum tulisan ini di-posting, baru ingat kalau semestinya nilai US juga bisa diotomatisasi ke sheet ini.




NILAI AKHIR US
Format nilai US berisi delapan mata pelajaran. Sekali lagi, semua telah diotomatisasi sehingga kita tidak perlu mengisikan nomor dan nama peserta pada kedelapan mata pelajaran tersebut. Semua mengacu ke pengisian identitas pada sheet semester 7. Kesalahan pengisian data pada sheet semester 7 akan mengakibatkan kesalahan yang sama pada sheet-sheet lainnya. Jadi, pastikan pengisian data pada sheet semester 7 telah benar-benar valid. Pada lembar ini hanya ada satu pekerjaan yaitu mengisikan nilai US mulai sel 010 dan silahkan lihat hasil nilai akhir mulai sel P10 akan terlihat seketika.




Pada tampilan berikut akan terlihat halaman 8 pada sheet Nilai Akhir US. Artinya, pekerjaan ini telah sampai pada lembar terakhir. Silahkan sesuaikan identitas guru dan kepala sekolah. Oh ya, di bawah baris peserta terakhir, berwarna merah, jangan lupa untuk mengisikan KKM pada sel yang tersedia.



Bila berminat mendownload dan kemudian menemukan sel atau rumus yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kami akan sangat berterima kasih apabila Anda berkenan memberitahu kami melalui kolom komentar di bawah. Juga bila ada koreksi atau masukan tentang format ini. Komentar akan langsung terlihat karena tidak melewati prosedur editing alias moderasi. Kami percaya Anda akan menuliskan komentar dengan bahasa yang nyaman dibaca serta “aman” dikonsumsi semua pengunjung blog ini.

Semua kritik dan koreksi, sepahit apapun, Insya Allah kami terima dengan lapang dada karena kami senantiasa beranganggapan bahwa kritik dan koreksi laksana kompos yang akan mempersubur tanah dan semakin memperkokoh jalinan akar.

Selamat mendownload. Semoga bermanfaat.


Kasyadi, A.Ma.Pd.
Guru Kelas VI

Artikel Terkait



12 komentar:

  1. endi link downloadte pakde,..
    koq mung mubeng2 thok ik

    BalasHapus
  2. Silahkan dilihat kembali di sidebar alias sisi kanan blog. Di bawah menu ADMINISTRASI UJIAN NASIONAL yang berkedip-kedip genit, monggo dipilih file yang diinginkan.....

    BalasHapus
  3. tampilan blognya bagus, isinya bagus,menambah wawasan , partisipasif dalam mencerdaskan bangsa, jadi pingin ngikut, oke.....lanjutkan berprestasi. salam dari kalimantan timur.

    BalasHapus
  4. Wah sanjungannya bikin mabuk kepayang. Kami masih perlu banyak belajar tentang blog. Tapi kalo sedikit yang kami bisa suguhkan ternyata juga bisa bermanfaat (dan dimanfaatkan) ya alhamdulillah. Salam kembali dari Kota Santri

    BalasHapus
  5. menurutku sdh amat bagus, karena sdh bikin blog yg demikian itu, karena guru bukan ahlinya otak-atik blog tiap hari yang dikerjakan mentransfer ilmu kpd peserta didik.

    BalasHapus
  6. Wah, lagi-lagi sanjungan. Terima kasih atas komentarnya, Pak. Smg tdk mabuk kepayang. Blog kami msh jauh dari tampilan para senior. Dengan segala kekurangan,inilah yg kami bisa. Karena, spt yg bs dibaca di profil kami,blog ini lahir dan besar di sekolah pegunungan yg serba terbatas,khususnya akses internet karena buruknya sinyal hampir semua operator seluler. Tetapi,1 yg Insya Allah tdk terbatas dan sangat melimpah; semangat kami untuk belajar. Trm ksh atas kunjungannya, Pak. Salam hangat untuk warga Tirto. Smg kegiatan Majlis Ta'limnya semakin semarak

    BalasHapus
  7. saya mau mencari SKL US SD 2012 kok d donload tdk bisa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk UN SD 2012, ada di menu Administrasi Ujian Nasional nomor urut 15-21. Kalo yg dimaksud adl Permendikbud ttg Kriteria Kelulusan, ada di nomor 15. Ketika Pak Indra meng-klik link yg kami sediakan, secara otomatis akan membuka halaman Adf. Silahkan klik tombol SKIP AD di sudut kanan atas untuk mendownloadnya. Petunjuk selengkapnya bisa dibaca pada Petunjuk Download di sidebar atau sisi kanan atas blog ini. Selamat mendownload. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  8. terima kasih , numpang dowload,sekaligus edit. sukses selalu dari kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Pak Khamim. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  9. MAS KO MASUKNYA ADF.LY gimana ini donlotnya?

    BalasHapus
  10. Ass. Pak format nilai ini bsa tolong kirim kan k email sya gak email sya rizkaandari29@gmail.com
    Tolong ya pak..

    BalasHapus

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner