Jumat, 11 Maret 2011

"BMKG Perkirakan Gelombang Tsunami Tiba di Indonesia"


Jumat, 11 Maret 2011 | 15:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah foto detik-detik terjadinya tsunami di pantai timur Jepang disiarkan melalui jaringan kantor berita. Foto diambil dari rekaman video langsung kru stasiun televisi NHK.

Tsunami dipicu oleh gempa dahsyat berkekuatan 8,9 SR yang menghantam timur laut Jepang, Jumat siang. Asap hitam juga membubung dari kawasan industri di daerah Yokohama Isogo. Tayangan televisi menunjukkan bahwa perahu, mobil, dan truk hanyut disapu tsunami. Sebuah jembatan, lokasinya tidak diketahui, tampak runtuh ke dalam air.

Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya menyatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 7,9 SR dan berpusat di kedalaman 24,3 km sekitar 130 km di sebelah timur Sendai di pulau utama Honshu. Namun, USGS kemudian menyatakan bahwa gempa berkekuatan 8,9 SR.







AFP PHOTO/NHK
 
Foto dari rekaman video televisi NHK menunjukkan kawasan yang diterjang tsunami di Fukushima, 200 km utara Tokyo, Jumat (11/3/2011).

Sumber: Compas.com

Sementara itu, terkait tsunami tersebut, situs Kantor Berita Antara, Antara News, menurunkan berita pada Jumat, 11 Maret 2011 15:51 WIB tentang kemungkinan terjangan tsunami di Indonesia.

Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gelombang tsunami akan menghantam Indonesia kawasan timur, menyusul terjadinya gempa 8,9 Skala Richter yang diikuti tsunami di pesisir Pasifik Miyagi di pulau utama Honshu, Jepang, Jumat.

Berdasarkan akun twitter BMKG, gelombang tsunami tersebut akan menghantam sejumlah daerah di Indonesia seperti Irian Jaya, Maluku Utara, Papua dan Sulawesi Utara pada Jumat pukul 18.00 WIB.

Hingga saat ini pihak BMKG masih belum bisa dihubungi terkait dengan peringatan BMKG sebelumnya.

Gempa dan tsunami kuat yang terjadi pada pukul 12.46 WIB dengan lokasi koordinat 38.49 Lintang Utara, 142.79 Bujur Timur, dengan kedalaman 44 km juga menyebabkan kapal-kapal menghantam pantai dan menyapu mobil-mobil yang melewati jalan-jalan di kota-kota pesisir negara itu.

Selain Indonesia, gelombang tsunami Jepang tersebut juga mengancam sejumlah negara seperti kepulauan Kuril, Rusia, Hawai, Kepulauan Mariana dan Taiwan.

Sementara itu, Kementerian urusan darurat Rusia Jumat mengeluarkan peringatan tsunami untuk gugusan Kepulauan Kuril setelah gempa kuat mengguncang laut Jepang, kata para pejabat saperti yang dilaporkan AFP .

Sementara itu di Taipei, pusat biro cuaca Taiwan pada Jumat memperingatkan orang-orang yang tinggal di pesisir pulau timur dan timur laut dalam siaga tsunami yang dipicu oleh gempa besar di Jepang.

Gelombang besar ini diperkirakan akan mencapai Hualien dan Taitung di pantai timur pulau Taiwan pada sekitar pukul 09:30 GMT dan pelabuhan timur laut Keelung setengah jam kemudian, kata biro itu.

Gempa pertama terjadi pada sekitar 382 kilometer (237 mil) di timur laut Tokyo, menurut Survei Geologi AS, yang merevisi besarnya kekuatan gempa 7,9 SR yang diumumkan sebelumnya.

Jepang, terletak pada "Cincin Api Pasifik" dan terdapat beberapa gunung berapi. Tokyo terletak di salah satu wilayah yang paling berbahaya.

Hal ini juga menempatkan wilayah Guam, Filipina, Kepulauan Marshall, Indonesia, Papua Nugini, Nauru, Mikronesia dan Hawaii mendapat limpahan tsunami yang lebih rendah.(A050)

Sumber: Antara News

Info lainnya sekitar tsunami, silahkan baca:

Siaga Tsunami, AS Peringatkan Pasifik

Gempa Jepang Timbulkan Tsunami 4 Meter

Warga Gorontalo Utara Mengamankan Diri

Tak Ada PLTN Jepang yang Bocor Akibat Tsunami

Ada 414 WNI di Pusat Tsunami Jepang

Foto-foto Tsunami Jepang 2

Awas Tsunami Jepang Menjalar ke Beberapa Negara

Video Tsunami Jepang 2011

 

Dzakiron
Pemimpin Redaksi

Artikel Terkait



1 komentar:

  1. LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 Juta/MINGGU

    KRJ: Manajemen dr program kerja online (Online based Data Assignment Program/O.D.A.P) MEMBTHKAN 200 orang di sluruh indonesia yg MaU Kerja SAMPINGAN 0nline dgn Penghasilan 3 Juta/minggu+gaji pokok 2jt/bln, tugasnya hanya entry data, per entry Rp10rb, misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yg hrs di entry berarti Kita dpt hari ini 10rbX200=2Jt.lebih jelasnya

    Buka http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

    BalasHapus

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner