Senin, 21 Februari 2011

ALHAMDULILLAH, BLOG KAMI TELAH BER-ISSN

ISSN (International Standard of Serial Number) merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global. ISSN diterbitkan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pemantauan atas seluruh publikasi terbitan berkala yang diterbitkan di Indonesia.

ISSN diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 oleh Subkomite no. 9 dari Komite Teknik no. 46 dari ISO (TC 46/SC 9). ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand. PDII LIPI merupakan satu-satunya ISSN National Centre untuk Indonesia.

Selain untuk terbitan berkala cetak, seperti buku, jurnal dan sejenisnya, ISSN juga bisa diterbitkan untuk aneka media online murni seperti koran online, majalah online, blog dan sebagainya. Namun, sebagaimana dijelaskan dalam situs resminya, sesuai dengan cakupan "terbitan berkala" ada beberapa pembatasan bagi media online murni, :
1. Dikelola oleh institusi dengan identitas yang jelas serta situs resmi.
2. Memiliki nama domain yang unik dan merujuk ke institusi diatas.
3. Pengelola yang bertanggung-jawab atas konten dengan identitas yang jelas.
4. Khusus untuk blog : a) Pengisi blog adalah multi personal dengan sistem keanggotaan yang baku. Sehingga blog pribadi TIDAK TERMASUK kategori yang bisa diberikan ISSN; b) Sistem di blog harus menjamin bahwa tulisan tidak bisa direvisi maupun dihapus, minimal setelah mendapatkan komentar dari pembaca.

Untuk media online murni, berkas-berkas terkait sebagai persyaratan ISSN (bisa dibaca DI SINI) bisa dipenuhi dengan mengambil layar cetak (print screen) dari halaman depan media, daftar artikel sebagai pengganti Daftar Isi serta halaman keterangan pengelola media sebagai pengganti Dewan Redaksi.

Semua berkas persyaratan ISSN blog ini telah selesai diupload pada Hari Kamis, 17 Februari 2011 jam 17:49 WIB dan pada Hari Minggu, 20 Februari 2011 permohonan telah disetujui sehingga kodebar ISSN telah dapat diunduh.


Dan inilah kode bar ISSN kami sebagaimana dapat dilihat juga di bagian atas blog ini.


Photobucket


Saya mencoba mengintip daftar nomor ISSN yang telah diterbitkan untuk memastikan nomor tersebut benar-benar telah terdaftar. Dan inilah hasilnya.


Daftar selengkapnya dapat dilihat DI SINI.

Informasi lebih lanjut mengenai ISSN dan prosedurnya dapat dilihat di situs http://issn.pdii.lipi.go.id/ atau silahkan klik DI SINI. Sedangkan untuk membuka langsung formulir pendaftaran silahkan klik DI SINI.


Dzakiron
Pemimpin Redaksi

Artikel Terkait



6 komentar:

  1. Assalamualaikum wr wb.
    Kami dari Kediri Blog ini sangat bagus, namun sayang diberi animasi mouse yang cukup mengganggu. Masukan kami selaku pembaca tulisan animasi mouse tersebut tidak begitu diperhatikan pembaca, kan nama SDn nya sudah ada di judul dan nama blog. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas masukannya. Sayangnya Anda menggunakan anonim jd kami tdk bs menyapa langsung. Tentang hal tsb,kebetulan tlh disepakati dlm sidang Dewan Redaksi jd kami tetap mempertahankannya. Btw, terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  2. Dengan tampilan Blognya yang sempurna, pantas dong kalau sampai dapat ISSN juga. Paling tidak kita dapat belajar banyak pada blog ini kalu pengen dapat ISSN juga.
    Selamat dan sukses buat SDN Tanggerang,maju terus dengan kreasi dan inovasi-inovasi barunya menuju kejayaan Indonesia Raya.

    BalasHapus
  3. Wah, kepala kami membesar seketika dengan pujian Anda. Kami masih perlu belajar tentag nge-blog. Blog SD Negeri Tawangsari Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu Jawa Barat juga bagus Pak. Semua memerlukan waktu untuk sampai tujuan. Selamat datang di dunia blogger pendidikan. Terima kasih atas kunjungnnya

    BalasHapus
  4. manpir juga di blog skolah kami http://www.sdnegeriganrangjawa1.co.vu/ dan kalau bisa bagi file nya dong agar blog skolah saya juga dapat ISSN...salam kenal dari Sabri

    BalasHapus
  5. weeklyline.net

    juga media online yang beri-ssn

    BalasHapus

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner