Selasa, 21 Desember 2010

BUKU PEDOMAN PENETAPAN PESERTA SERTIFIKASI GURU 2011

Kabar gembira bagi para guru. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional telah menerbitkan Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2011

Direktur Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Kata Pengantar buku tersebut menjelaskan bahwa pelaksanaan sertifikasi guru untuk tahun 2011 mengalami perubahan yang mendasar antara lain menyangkut mekanisme registrasi dan mekanisme penyelenggaraan sertifikasi; penataan ulang substansi dan rubrik penilaian portofolio; substansi pelatihan, strategi pembelajaran, dan sistem penilaian Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Hal ini perlu dipahami dengan baik oleh semua unsur yang terkait, baik di pusat maupun di daerah. Unsur pusat yaitu direktorat yang menangani pendidik, dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Unsur daerah yaitu dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, kepala sekolah, guru yang diangkat dalam jabatan pengawas, dan guru, serta unsur lain yang terkait dalam sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2011.

Buku setebal 70 halaman yang diterbitkan pada Desember 2010 tersebut tersusun atas lima bab dimana BAB I PENDAHULUAN terdiri dari Latar Belakang, Dasar Hukum, Tujuan, Sasaran, dan Ruang Lingkup Pedoman.

Pada BAB II POLA SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN dijabarkan tentang Alur Sertifikasi Guru Dalam Jabatan dan Prinsip Sertifikasi Guru sedangkan pada BAB III PESERTA SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN dijelaskan tentang Sasaran, Pembagian Kuota, Persyaratan Peserta, dan Penetapan Peserta.

Tahap Persiapan, Tahap Penetapan Calon Peserta, Tahap Finalisasi dan Penetapan Data Peserta, Pengolahan Data Peserta melalui NUPTK Online dan Website KSG dijelaskan dalam BAB IV PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS)

Pada bab terakhir, BAB V PENGENDALIAN PROGRAM, dijabarkan tentang Ruang Lingkup Pengendalian dan Pemantauan Program. Juga tentang Pelanggaran dan Sangsi serta Unit Pelayanan Masyarakat.

Untuk men-download buku pedoman berformat pdf tersebut, silahkan kunjungi website LPMP Jawa Tengah di http://lpmpjateng.go.id/ atau silahkan langsung download di sini.


Semoga Bermanfaat


DZAKIRON
Operator Dapodik SD Negeri Tanggeran

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner