Rabu, 14 September 2011

ALBUM KENANGAN TOT TIK ANGKATAN II BPTIKP JAWA TENGAH TAHUN 2011

Bertempat di Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah di Jl. Prof. Dr. Hamka No. 15 Ngaliyan Semarang, Training of Trainer (ToT) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Guru SD/MI angkatan II berakhir pada Rabu, 14 September 2011 siang hari tadi. Kegiatan yang berlangsung sejak Senin, 12 September 2011 tersebut ditutup oleh Kepala BPTIKP, Siti Istika Kurniawati, SH., MH., atas nama Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya, pada saat pembukaan TOT, Kepala BPTIKP menjelaskan bahwa Training of Trainer (TOT) Pemanfaatan TIK kali ini berbeda dengan pelatihan-pelatihan yang selama ini diselenggarakan oleh BPTIKP. Pendekatan Pemanfaatan TIK ini dikonsentrasikan untuk mensukseskan penyebarluasan pemanfaatan Layanan Portal belajar serta memanfaatkan software legal berbasis open source dengan penyelenggaraan diklat multi jenjang..

Mengingat jangkauan dan skala kegiatannya yang sangat luas, Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota dapat mengambil peran dengan menyelenggarakan model training yang berjenjang mulai dari Kabupaten/Kota hingga berakhir di Sekolah atau dukungan bermitra dan berkolaborasi secara strategis dan sinergis di dalam program TOT Pemanfaatan TIK ini.

Selama tiga hari, peserta diberi bekal sebagai calon trainer dengan kompetensi utama Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pembelajaran (e-Pembelajaran), yang dibagi menjadi tiga subkompetensi yaitu 1) Memanfaatkan Komputer dan program aplikasinya sebagai alat bantu pembelajaran; 2) Memanfaatkan layanan serta konten internet sebagai sumber belajar yang terintegrasi di dalam sistem/metode pembelajaran e-Learning (electronic Learning); dan 3) Memanfaatkan Free Open Source Software sebagai salah satu alternatif penggunaan Software Legal bagi Pendidikan.

Selama tiga hari kegiatan, peserta berkesempatan menimba ilmu dari para pakar IT sebagai narasumber, yaitu Mampuono, S.Pd., M.Kom, Taryadi, S.Pd., dan M. Sigid Hariadi, ST

Berikuti beberapa adegan TOT yang sempat terekam kamera. Dipersembahkan untuk semua peserta TOT khususnya dan keluarga besar BPTIKP Jawa Tengah.
















Dzakiron
Guru SD Negeri Tanggeran, Peserta TOT

Artikel Terkait



4 komentar:

  1. sip.....lanjutkan .... jangan lp main balik Ke Kebumen http://siwan.web.id

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Pak. Bagus banget blognya. Penuh warna animasi dan kreatif banget.Pantas kalau 6 hari menimba ilmu di BPTIKP Jateng. Guru Agama yang ruarr biasa. Amin. By the way, Boleh minta materi TOT nya Pak. Kalo berkenan kirim ke email saya Pak di Rheygen@gmail.com

    BalasHapus
  3. setuju, emang bagus kok webnya. Trainer sejati

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah. Sebuah kejutan para master TIK berkenan mampir di blog ini. Terima kasih banyak atas supportnya setelah kemarin "babak belur" dihajar dewan juri lomba blog di BPTIKP Jateng. Salam kreatif!

    BalasHapus

Berlangganan Artikel via Email

Silahkan masukkan email Anda:

Delivered by FeedBurner